Manajemen Pemasaran adalah salah satu kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan perusahaannya, untuk berkembang, dan untuk mendapatkan laba. Proses pemasaran itu dimulai jauh sejak sebelum barang-barang diproduksi, dan tidak berakhir dengan penjualan. Kegiatan pemasaran perusahaan harus juga memberikan kepuasan kepada konsumen jika menginginkan usahanya berjalan terus, atau konsumen mempunyai pandangan yang lebih baik terhadap perusahaan (Dharmmesta & Handoko, 1982).
Secara definisi, Manajemen Pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan (Kotler, 1980).
Perusahaan yang sudah mulai mengenal bahwa pemasaran merupakan faktor penting untuk mencapai sukses usahanya, akan mengetahui adanya cara dan falsafah baru yang terlibat di dalamnya. Cara dan falsafah baru ini di
sebut "Konsep Pemasaran".
Konsep pemasaran
Sebagai falsafah bisnis, konsep pemasaran bertujuan memberikan kepuasan terhadap keinginan dan berorientasi kepada kebutuhan konsumen. Hal ini secara asasi berbeda dengan falsafah bisnis terdahulu yang berorientasi pada produk, dan penjualan.
Secara definitif dapatlah dikatakan bahwa: Konsep Pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan (Stanton, 1978).
Tiga unsur konsep pemasaran:
Orientasi pada Konsumen
Penyusunan kegiatan pemasaran secara integral
Kepuasan Konsumen
[sunting] Konsep pemasaran
Sebagai falsafah bisnis, konsep pemasaran bertujuan memberikan kepuasan terhadap keinginan dan berorientasi kepada kebutuhan konsumen. Hal ini secara asasi berbeda dengan falsafah bisnis terdahulu yang berorientasi pada produk, dan penjualan.
Secara definitif dapatlah dikatakan bahwa: Konsep Pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan (Stanton, 1978).
Tiga unsur konsep pemasaran:
1.Orientasi pada Konsumen
2.Penyusunan kegiatan pemasaran secara integral
3.Kepuasan Konsumen
dalam unsur konsep pemasaran diatas apa kepuasan konsumen merupakan sesuatu yang perlu dalam pemasaran?
BalasHapus-terimakasih :)
manajemen pemasaran dilakukan untuk mendapatkan laba
BalasHapuspemasaran di lakukan untuk memcari perhatian para konsumen :)
BalasHapusPemasaran adalah suatu proses dan manajeral yang membuat individu atau kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan dan mempertukarkan produk yang bernilai kepada pihak lain atau segala kegiatan yang menyangkut penyampaian produk atau jasa mulai dari produsen sampai konsumen.
BalasHapusmanajemen pemasaran adalah sebagai kegiatan yang direncanakan, dan diorganisasiknan yang meliputi pendistribusian barang, penetapan harga dan dilakukan pengawasan terhadap kebijakan-kebijakan yang telah dibuat yang tujuannya untuk mendapatkan tempat dipasar agar tujuan utama dari pemasaran dapat tercapai.
BalasHapuspemasaran ditujukkan untuk mengenalkan suatu produk baru kepada konsumen
BalasHapusjadi manajemen pemasaran ini merupakan falsafah bisnis bertujuan memberikan kepuasan terhadap keinginan dan berorientasi kepada kebutuhan konsumen
BalasHapuspemasaran yang baik dapat meningkatkan daya tarik suatu produk kepada konsumen untuk membelinya
BalasHapusTiga unsur konsep pemasaran:
BalasHapus1.Orientasi pada Konsumen
2.Penyusunan kegiatan pemasaran secara integral
3.Kepuasan Konsumen
ke tiga ini lah yg membuat suatu pesaran itu sukses
manajemen pemasaran adalah sebagai kegiatan yang direncanakan, dan diorganisasiknan yang meliputi pendistribusian barang, penetapan harga dan dilakukan pengawasan terhadap kebijakan-kebijakan yang telah dibuat yang tujuannya untuk mendapatkan tempat dipasar agar tujuan utama dari pemasaran dapat tercapai.
BalasHapusManajemen Pemasaran inti'a hanya dengan 4P ..
BalasHapusPhilip Kotler (Marketing) pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.....
Hapusmanajemen pemasaran harus memperhatikan penetapan harga dan dilakukan pengawasan terhadap kebijakan-kebijakan yang telah dibuat yang tujuannya untuk mendapatkan tempat di pasar agar tujuan utama dan pemasaran dapat tercapai.
BalasHapusorientasi pada konsumen itu maksudnya apa ?
BalasHapusmanajemen pemasaran adalah salah satu hal yang sangat penting dalam menarik konsumen agar perusahaan bisa mendapatkan laba, unsur di dalam manajemen pemasaran sangat membantu
BalasHapusmanajemen pemasaran sangat berguna bagi konsumen yang mencari suatu pabarang.... harga yang sesuai dapat mempengaruhi konsumen untuk berbelanja
BalasHapusmanajemen pemasaran bisa berjalan dengan baik jika memasrkannya dengan cara yang tepat sehingga bisa sukses
BalasHapusadakalanya konsep dasar planning hanya memuaskan konsumen dan tidak berlaku curang bagi konsumen atau pemakai
BalasHapus