Kamis, 26 Januari 2012

manajemen pemasaran

Manajemen Pemasaran adalah salah satu kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan perusahaannya, untuk berkembang, dan untuk mendapatkan laba. Proses pemasaran itu dimulai jauh sejak sebelum barang-barang diproduksi, dan tidak berakhir dengan penjualan. Kegiatan pemasaran perusahaan harus juga memberikan kepuasan kepada konsumen jika menginginkan usahanya berjalan terus, atau konsumen mempunyai pandangan yang lebih baik terhadap perusahaan (Dharmmesta & Handoko, 1982).

Secara definisi, Manajemen Pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan (Kotler, 1980).

Perusahaan yang sudah mulai mengenal bahwa pemasaran merupakan faktor penting untuk mencapai sukses usahanya, akan mengetahui adanya cara dan falsafah baru yang terlibat di dalamnya. Cara dan falsafah baru ini di
sebut "Konsep Pemasaran".
Konsep pemasaran

Sebagai falsafah bisnis, konsep pemasaran bertujuan memberikan kepuasan terhadap keinginan dan berorientasi kepada kebutuhan konsumen. Hal ini secara asasi berbeda dengan falsafah bisnis terdahulu yang berorientasi pada produk, dan penjualan.

Secara definitif dapatlah dikatakan bahwa: Konsep Pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan (Stanton, 1978).

Tiga unsur konsep pemasaran:

Orientasi pada Konsumen
Penyusunan kegiatan pemasaran secara integral
Kepuasan Konsumen

[sunting] Konsep pemasaran

Sebagai falsafah bisnis, konsep pemasaran bertujuan memberikan kepuasan terhadap keinginan dan berorientasi kepada kebutuhan konsumen. Hal ini secara asasi berbeda dengan falsafah bisnis terdahulu yang berorientasi pada produk, dan penjualan.

Secara definitif dapatlah dikatakan bahwa: Konsep Pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan (Stanton, 1978).

Tiga unsur konsep pemasaran:

1.Orientasi pada Konsumen
2.Penyusunan kegiatan pemasaran secara integral
3.Kepuasan Konsumen

18 komentar:

  1. dalam unsur konsep pemasaran diatas apa kepuasan konsumen merupakan sesuatu yang perlu dalam pemasaran?
    -terimakasih :)

    BalasHapus
  2. manajemen pemasaran dilakukan untuk mendapatkan laba

    BalasHapus
  3. pemasaran di lakukan untuk memcari perhatian para konsumen :)

    BalasHapus
  4. Pemasaran adalah suatu proses dan manajeral yang membuat individu atau kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan dan mempertukarkan produk yang bernilai kepada pihak lain atau segala kegiatan yang menyangkut penyampaian produk atau jasa mulai dari produsen sampai konsumen.

    BalasHapus
  5. manajemen pemasaran adalah sebagai kegiatan yang direncanakan, dan diorganisasiknan yang meliputi pendistribusian barang, penetapan harga dan dilakukan pengawasan terhadap kebijakan-kebijakan yang telah dibuat yang tujuannya untuk mendapatkan tempat dipasar agar tujuan utama dari pemasaran dapat tercapai.

    BalasHapus
  6. pemasaran ditujukkan untuk mengenalkan suatu produk baru kepada konsumen

    BalasHapus
  7. jadi manajemen pemasaran ini merupakan falsafah bisnis bertujuan memberikan kepuasan terhadap keinginan dan berorientasi kepada kebutuhan konsumen

    BalasHapus
  8. pemasaran yang baik dapat meningkatkan daya tarik suatu produk kepada konsumen untuk membelinya

    BalasHapus
  9. Tiga unsur konsep pemasaran:

    1.Orientasi pada Konsumen
    2.Penyusunan kegiatan pemasaran secara integral
    3.Kepuasan Konsumen
    ke tiga ini lah yg membuat suatu pesaran itu sukses

    BalasHapus
  10. manajemen pemasaran adalah sebagai kegiatan yang direncanakan, dan diorganisasiknan yang meliputi pendistribusian barang, penetapan harga dan dilakukan pengawasan terhadap kebijakan-kebijakan yang telah dibuat yang tujuannya untuk mendapatkan tempat dipasar agar tujuan utama dari pemasaran dapat tercapai.

    BalasHapus
  11. Manajemen Pemasaran inti'a hanya dengan 4P ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Philip Kotler (Marketing) pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.....

      Hapus
  12. manajemen pemasaran harus memperhatikan penetapan harga dan dilakukan pengawasan terhadap kebijakan-kebijakan yang telah dibuat yang tujuannya untuk mendapatkan tempat di pasar agar tujuan utama dan pemasaran dapat tercapai.

    BalasHapus
  13. orientasi pada konsumen itu maksudnya apa ?

    BalasHapus
  14. manajemen pemasaran adalah salah satu hal yang sangat penting dalam menarik konsumen agar perusahaan bisa mendapatkan laba, unsur di dalam manajemen pemasaran sangat membantu

    BalasHapus
  15. manajemen pemasaran sangat berguna bagi konsumen yang mencari suatu pabarang.... harga yang sesuai dapat mempengaruhi konsumen untuk berbelanja

    BalasHapus
  16. manajemen pemasaran bisa berjalan dengan baik jika memasrkannya dengan cara yang tepat sehingga bisa sukses

    BalasHapus
  17. adakalanya konsep dasar planning hanya memuaskan konsumen dan tidak berlaku curang bagi konsumen atau pemakai

    BalasHapus